Apa Itu Penyakit Ginjal Polikistik?
Penyakit Ginjal Polikistik adalah kelainan ginjal yang ditandai dengan pembentukan kista non kanker yang merusak fungsi ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal total, biasa disingkat PKD (Polycystic Kidney Disease).

Penyakit ginjal polikistik menyebabkan banyak kista tumbuh di ginjal. Kista ini diisi dengan cairan. Jika terlalu banyak kista yang tumbuh dan terlalu besar maka ginjal dapat menjadi rusak. Kista penyakit ginjal polikistik perlahan dapat menggantikan sebagian besar ginjal, mengurangi fungsi ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ginjal polikistik merupakan penyebab utama keempat gagal ginjal.

Kista yang muncul pada kasus PKD mungkin tidak bersifat kanker, namun gangguan ini tidak hanya menyerang ginjal. Terdapat kemungkinan kista menyebar ke organ lainnya, seperti hati, jantung, dan otak dan ini dapat menyebabkan murmur jantung, aneurisma otak atau bahkan stroke hingga kematian.

Jika tidak ditangani, PKD dapat menyebabkan berbagai komplikasi, beberapa diantaranya dapat mengancam jiwa. Beberapa kompikasi yang paling umum adalah tekanan darah tinggi, kista pada hati, berkurangnya atau hilangnya fungsi ginjal keseluruhan, masalah usus besar, sakit kronis, aneurisma otak, dan kelainan katup jantung.

Ingat bahwa kista tidak hanya mempengaruhi ginjal, tetapi juga bisa menyebar ke organ lainnya.

Gejala Utama Penyakit Ginjal Polikistik

Kebanyakan orang tidak menunjukkan gejala sampai usia 30 sampai 40 tahun. Tanda-tanda awal terkena penyakit ginjal polikistik meliputi:

★ Nyeri di bangian belakang atau samping
★ Adanya darah dalam urin
★ Tekanan darah tinggi: Merupakan tanda yang paling umum dari penyakit ginjal polikistik. Kadang-kadang, pasien akan mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi.
★ Gagal ginjal: Sekitar 50 persen penderita penyakit ginjal polikistik akan mengalami gagal ginjal pada usia 60 tahun, dan sekitar 60 persen akan mengalami gagal ginjal pada usia 70 tahun. Orang dengan gagal ginjal akan membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal.

Penyakit ginjal polikistik karena sel-sel pada dinding kista terus-menerus mengeluarkan cairan ke dalam rongga kista, menyebabkan tekanan di dalam kista meningkat. Akibatnya kista terus membesar, glomerulus diperas, dan glomerulus rusak, dan jumlahnya semakin berkurang. Akibatnya fungsi ginjal berkurang dan terjadi gagal ginjal.

Terapi baru untuk Penyakit ginjal polikistik/ Kista ginjal

Saat ini pengobatan pada penyakit gagal ginjal polikistik, memakai metode paling canggih dalam kista ginjal terapi EMA selama perawatan pasien mengonsumi obat tertentu, obat yang spesifik menembus ke dalam rongga kista dan terakumulasi dalam rongga kista. Setelah disinari dengan gelombang Elektromagnetik tertentu, gelombang Elektromagnetik bekerja pada sel-sel di dinding kista, menghancurkan fungsi sel untuk mengeluarkan cairan sehingga kista ginjal akan mengecil. Terapi EMA sangat efektif dalam pengobatan kista ginjal hasilnya sangat nyata, dan telah diterapkan dan di evaluasi oleh beberapa organisasi medis di negara-negara maju seperti di Amerika Serikat dan Eropa dalam pengobatan kista ginjal ini. Klinik Utama Sehat Insani Jakarta melalui pertukaran dan kerja sama Internasional memperkenalkan sistem perawatan teknis EMA setelah verifikasi klinis yang luas, terapi EMA memiliki keunggulan tingkat kesembuhan yang tinggi, kelebihannya tidak ada efek samping dan tidak ada kekambuhan. Demi untuk berterima kasih kepada pasien Klinik Utama Sehat Insani atas dukungannya, dan untuk mengurangi beban keuangan pada pasien, Klinik kami setiap hari memberikan kepada 10 pasien pertama diskon 30% pada biaya perawatan.

Apabila masih ada pertanyaan, silahkan klik WhatsApp, atau telepon ke : 021.5433 3517, dokter kami akan memberikan konsultasi gratis atas pertanyaan Anda.